Kamis, April 17, 2008

Tahukah Anda dengan Bar Screen?

Adalah unit operasi yang pertama-tama dijumpai dalam bangunan pengolahan air limbah.Bar Screen Saringan ini pada prinsipnya adalah suatu peralatan dengan bukaan, yang biasanya seragam dalam ukurannya, dan digunakan untuk menahan benda-benda kasar yang terdapat dalam air limbah. Prinsip dasar dilakukannya penyaringan benda kasar (coarse screen) adalah : a. Menjaga agar tidak terjadi kerusakan pada peralatan ; b. Mengurangi kemungkinan pengolahan air limbah yang kurang efektif ; c. Menghindari terjadinya kontaminasi pada jalan air. Sedangkan pada penyaringan benda halus (fine screen) bertujuan untuk : a. Melindungi proses peralatan atau, b· Menghilangkan material yang menghambat penggunaan kembali biosolid.

Seluruh aspek screening, mulai dari tahap removal, transport, dan disposal, haruslah mempertimbangkan : a.Kemampuan penyaringan dalam menahan benda-benda atau meterial; b. Keselamatan dan kesehatan operator, karena pada penyaringan terdapat organisme patogen dan kemungkinan terjadi serangan serangga; c. Potensial bau yang terjadi (odor potential); d.

Persyaratan yang dibutuhkan dalam perawatan, pengangkutan, dan pembuangan; e. Pemilihan tempat dalam proses pembuangan. Untuk tipe saringan (screen) coarse screens dan fine screens digunakan pada tahap pengolahan pendahuluan (preliminary treatment) Umumnya Elemen pada saringan (screen) terdiri dari : a. Parallel bar (batang paralel); b. Rods or wires (tangkai atau kawat); c. Grating (jeruji); d. Wire mesh (lubang kawat); e. Perforated plate (piringan berlubang) dan; f. Opening (pembuka) dengan berbagai bentuk, umumnya dengan slot bundar (circular) atau empat persegi panjang (rectangular).

Saringan (screen) yang disusun dengan batang parallel (parallel bar) sering disebut dengan nama Bar Rack atau coarse screen yang digunakan untuk menyaring padatan kasar. Dalam Pengolahan air limbah Bar Rack berfungsi : a. Melindungi pompa, valve, pipa dari kemungkinan rusak dan tersumbat oleh kehadiran benda-benda kasar yang terbawa aliran; b. Untuk limbah industri, mungkin tidak memerlukan peralatan ini, tergantung karakteristik air limbahnya. (Printed by Benny Syahputra).

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Apabila bpk berkenanan, mohon informasi dimana dapat diperoleh barang tersebut ( produksi lokal saja )
Terima kasih sebelumnya